Nilai Gizi Kurma

Nilai Gizi Kurma:

Kurma dianggap sebagai sumber energi yang besar. Anda dapat mendapatkan 157 kalori dari hanya 50 gram kurma. Kurma mengandung lebih dari 8 mineral, seperti Vitamin B6, Kalsium, Tembaga, dan lainnya yang akan kita sebutkan dalam artikel ini. Anda dapat memperoleh 30% dari mineral-mineral ini dengan mengonsumsi 200 gram kurma. Buah kurma kaya akan gula, terutama fruktosa dan glukosa, serta rendah lemak dan protein. Vitamin utama dalam kurma adalah vitamin kompleks B dan vitamin C.

Perbandingan Antara Daging Kurma dan Biji Kurma dari Segi Nilai Gizi:

Perbandingan\Element Flesh of Dates Dates Seeds
Oil 0.2-0.5% 7.7-9.7%
Weight 94.4-85.8% 5.6-14.2%
Fatty Acids 8 types 14 types
Potassium 0.9% 0.5%

Mineral dalam Kurma yang Menjadikannya Makanan Terbaik:

  • Boron
  • Calcium
  • Cobalt
  • Copper
  • Fluorine (berguna dalam melindungi gigi terhadap kerusakan)
  • Iron
  • Magnesium
  • Manganese
  • Potassium
  • Phosphorous
  • Sodium
  • Zinc
  • Selain itu, bijinya mengandung (aluminium, kadmium, klorida, timbal dan belerang dalam berbagai proporsi)
  • Selenium, elemen lain yang diyakini membantu mencegah kanker dan penting dalam fungsi kekebalan tubuh
  • Protein dalam kurma mengandung 23 jenis asam amino, beberapa di antaranya tidak terdapat pada buah-buahan terpopuler seperti jeruk, apel, dan pisang.
  • Enam vitamin termasuk sejumlah kecil vitamin C, dan vitamin B(1) tiamin, B(2) riboflavin, asam nikotinat (niasin) dan vitamin A.
  • Pectin 0.5-3.9%, which may have important health benefits.

Kandungan Mineral Alami pada Kurma

Kita bandingkan pada jadwal di bawah ini antara kurma medjool dan kurma deglet noor. Kita bandingkan antara kurma kering dari kurma ini bukan kurma segar. Kami akan membandingkan nutrisi kurma per 100 g di setiap jenis:

Comparison \ Element Dates Medjool Deglet Noor Dates
Calories 277 277
Carbs 75 grams 75 grams
Fiber 6.66 grams 7 grams
Protein 1.66 grams 20 grams
Sugar 32 grams
Fat 0 grams
Calcium 2% of the Daily Value (DV)
Iron 2% of the DV 5% DV
Potassium 7% of the DV
Copper 19% of the DV 18% DV
Vitamin B6 7% of the DV 12% CV
Magnesium 6% of the DV 12% DV
Manganese 15% DV

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tergantung Nilai Gizinya

Di sini kami menjelaskan pentingnya mineral yang ada dalam kurma dan dari sini Anda mengetahui potensi manfaat kurma bagi kesehatan:

  1. Kalori

Kalori digunakan untuk pengelolaan berat badan (menurunkan berat badan dan menaikkan berat badan), bagaimana caranya? Jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda harus mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lebih banyak kalori, seperti yang telah kita sebutkan sebelumnya bahwa 100 gram kurma mengandung 277 kalori.

Pria membutuhkan 2600 kalori per hari, dan jika mereka ingin menurunkan berat badan, mereka seharusnya makan sekitar 2100 kalori untuk kehilangan 0,45 kg per minggu. Sementara wanita membutuhkan 2000 kalori per hari, dan jika mereka ingin menurunkan berat badan sekitar 0,45 kg per minggu, mereka seharusnya makan sekitar 1500 kalori per hari. Sebaliknya, untuk menambah berat badan, prinsipnya berkebalikan.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat – serat, pati, dan gula (gula alami)  – diperlukan tubuh untuk mendapatkan energi untuk bekerja karena tubuh mengubah karbohidrat menjadi glukosa. Jumlah karbohidrat yang Anda konsumsi mempengaruhi gula darah. Jika Anda ingin sistem pengaturan gula darah yang baik, makanlah karbohidrat yang sesuai untuk menjaga kadar gula darah.

  1. Protein

Protein penting bagi tubuh untuk tumbuh dan memperbaiki sel serta berfungsi dengan baik.

  1. Calcium

Kalsium membentuk sebagian besar struktur tulang dan gigi dan memungkinkan pergerakan tubuh normal dengan menjaga jaringan tetap kaku, kuat, dan fleksibel. Oleh karena itu, kalsium merupakan elemen utama untuk kesehatan tulang.

  1. Iron

Zat besi adalah mineral yang dibutuhkan tubuh kita untuk berbagai fungsi. Misalnya, zat besi adalah bagian dari hemoglobin, protein yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh kita. Ini membantu otot kita menyimpan dan menggunakan oksigen. Besi juga merupakan bagian dari banyak protein dan enzim lainnya.

  1. Potassium

Kalium adalah elektrolit penting, yaitu mineral yang dibutuhkan tubuh Anda agar berfungsi dengan benar. Kalium sangat penting untuk saraf dan otot Anda, termasuk jantung Anda. Karena berbagai alasan, kadar potasium dalam darah Anda bisa menjadi terlalu tinggi. Ini disebut hiperkalemia, atau kalium tinggi.

Kondisi Kesehatan Ini adalah:

  • Gagal ginjal
  • Dehidrasi
  • diabetes tipe 1
  • Penyakit Addison
  • Pendarahan di dalam
  1. Copper

Tembaga merupakan nutrisi penting bagi tubuh. Bersama dengan zat besi, memungkinkan tubuh membentuk sel darah merah. Ini membantu menjaga kesehatan tulang, pembuluh darah, saraf, dan fungsi kekebalan tubuh, dan berkontribusi terhadap penyerapan zat besi. buah-buahan kering seperti buah kurma mengandung persentase tembaga.

  1. Vitamin B6

Vitamin B6 telah banyak diteliti karena perannya dalam pencegahan penyakit. Vitamin ini dalam bentuk suplemen menunjukkan harapan terbesar dalam pengobatan mual yang disebabkan oleh kehamilan, tetapi penggunaan tersebut harus terjadi di bawah pengawasan dokter. Kadar darah yang cukup dari B6 mungkin terkait dengan risiko lebih rendah terhadap kanker seperti kanker payudara dan jenis kanker lainnya, dibandingkan dengan kadar darah yang rendah. Namun, penggunaan suplemen B6 terpisah (selain dari jumlah RDA dalam persiapan multivitamin biasa) bersifat tidak pasti dan tidak disarankan.

  1. Magnesium

Magnesium adalah mineral yang ditemukan di bumi, laut, tumbuhan, hewan, dan manusia. Sekitar 60% magnesium dalam tubuh manusia terdapat di tulang, sementara sisanya berada di otot, jaringan lunak, dan cairan, termasuk darah. Sebenarnya, setiap sel dalam tubuh manusia mengandung magnesium dan membutuhkannya untuk berfungsi

  1. Manganese

Mangan adalah mineral jejak yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah kecil. Diperlukan untuk fungsi normal otak, sistem saraf, dan banyak sistem enzim dalam tubuh.

Mangan merupakan bagian dari enzim antioksidan superoksida dismutase (SOD). Antioksidan membantu melindungi terhadap radikal bebas, yaitu molekul yang dapat menyebabkan kerusakan sel-sel dalam tubuh Anda. Radikal bebas diyakini berkontribusi terhadap penuaan, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker. Sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Jadi berapa banyak kurma per hari yang harus Anda makan untuk mendapatkan manfaat khasiat kurma. Anda telah mengetahui potensi manfaat kesehatan dari buah-buahan kering seperti kurma dan Anda telah melihat tabel di atas tentang persentase mineral dalam kurma. Kini Anda dapat memutuskan untuk mengonsumsi kurma tergantung pada kebutuhan Anda akan mineral tersebut.

Ringkasan

Kurma menghasilkan banyak jenis kurma segar dan kurma kering dan semua jenis ini memiliki vitamin dan mineral seperti (kalium, magnesium,..) yang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah kurma medjool dan kurma deglet noor.